Diprediksi Facebook Kehilangan 80% Pengguna di 2017
Posted by : Dhino Alexander A. Saturday, January 25, 2014

 photo fb_icon_325x325_zpsae8cba84.png
Facebook memang telah berhasil memikat hati dunia, tapi lambat-laun tingkat ketertarikan akan menurun. Bahkan para peneliti dari Princeton University memprediksi Facebook akan kehilangan sebagian besar pengguna pada 2017.

Facebook memang berhasil bertahan lebih lama daripada pesaingnya seperti MySpace dan Bebo, tapi menurut Princeton, jejaring sosial itu akan kehilangan 80 persen pengguna dalam waktu tiga tahun ke depan.

Grafik yang dihasilkan layanan Google Trends dalam penelitian John Cannarella dan Joshua Spechler dari Princeton University ini menunjukkan bahwa pencarian tentang Facebook mencapai puncaknya pada Desember 2012, setelah itu mulai melemah. Keduanya pun menganalogikan Facebook dalam metode epidemiologi.

Sebagai catatan, epidemiologi adalah ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit serta fakor yang terkait di tingkat populasi. Peneliti menggambarkan Facebook seperti penyakit yang menular, tapi para korban (pengguna Facebook) secara perlahan kebal dari penyakit itu.

"Idenya adalah seperti penyakit yang berhasil menyebar di antara orang-orang sebelum akhirnya sekarat, hal ini berhasil digambarkan dengan model epidemologi," jelas para penulis dalam sebuah makalah berjudul Epidemiological Modelling of Online Social Network Dynamics.

"Ide-ide menyebar melalui kontak komunikatif antara orang-orang berbeda yang saling berbagi ide. Pada akhirnya pemilik ide kehilangan minat dengan ide itu sendiri dan tidak lagi mewujudkan ide tersebut, yang dapat dianggap sebagai keuntungan dari 'kekebalan' terhadap ide tersebut," jelas para peneliti.
Untuk melakukan studi ini, Cannarella dan Spechler menggunakan model penelitian yang disebut sebagai rentan, terinfeksi, dan pulih (SIR). Model penelitian ini menciptakan rumus untuk memetakan penyebaran dan pemulihan dari ‘epidemi’.

Nah itulah rumor prediksi terancamnya facebook akan kehilangan 80% pengguna di tahun 2017, Yah mau gimana lagi emang semua tidak ada yang abadi haha :v

SUMBER

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Like On Facebook

Follow on Tiwtter

Pengikut Blog

Artikel Terpopuler

Powered by Blogger.

Visitors

- Copyright © Songoware - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -